Demo Buruh 1 September 2015 Hari Ini di Jakarta

Demo Buruh Hari Ini Selasa tanggal 1 September 2015 diikuti oleh puluhan ribu buruh dari berbagai tempat dan perusahaan yang jadwal kegiatan ini akan berlangsung dari jam 10:00 WIB pagi ini. Berdasarkan informasi dari Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal yang memperkirakan 30 ribu buruh yang berasal dari berbagai tempat seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan hadir memadati beberapa ruas jalanan diibukota Jakarta Indonesia.

Demo Buruh 1 September 2015 Hari Ini di Jakarta

Demo Buruh 1 September 2015 Hari Ini di Jakarta dan juga dilakukan dibeberapa wilayah di tanah air karena ada beberapa tuntutan yang ingin disampaikan kepada Pemerintahan RI yang sangat mendesak untuk kepentingan buruh dan pekerja terutama para tenaga kerja di Indonesia.

Alasan demo buruh hari ini 1 September 2015 karena pemutusan hubungan kerja yang dilakukan beberapa perusahaan, dan para pengusaha beralasan melemahnya rupiah dan melambatnya laju ekonomi membuat keuangan perusahaan memburuk. Pada demo kali ini banyak sekali tuntutan yang disampaikan kepada pemerintahan.

Berikut 10 tuntutan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang disampaikan pada demo Buruh 1 September 2015 hari ini di Jakarta kepada pemerintah, diantaranya adalah :
  1. Turunkan harga barang sembilan bahan pokok dan bahan bakar minyak.
  2. Tolak ancaman pemutusan hubungan kerja terhadap buruh akibat melemahnya nilai Rupiah dan perlambatan ekonomi, sehingga perlu ada insentif bagi pekerja yang terancam PHK.
  3. Tolak masuknya tenaga kerja asing dan tolak dihapuskannya kewajiban berbahasa Indonesia bagi pekerja asing itu.
  4. Naikkan upah minimum 22 persen pada 2016 untuk menjaga daya beli buruh, dan tolak Rancangan Peraturan Pemerintah Pengupahan yang hanya berbasis inflasi plus dan Produk Domestik Bruto serta Revisi Kebutuhan Hidup Layak dari 60 item menjadi 84 item.
  5. Revisi PP Jaminan Pensiun, yaitu manfaat pensiun bagi buruh sama dengan Pegawai Negara Sipil, bukan Rp300 ribu per bulan.
  6. Perbaiki layanan program Jaminan Kesehatan, hapus sistem INA CBGs (Indonesia Case Base Groups) –aplikasi rumah sakit untuk mengajukan klaim kepada pemerintah, dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan, tolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, tambah dana PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari APBN menjadi Rp30 triliun, dan menuntut provider RS atau klinik di luar BPJS bisa digunakan untuk COB (coordination of benefit).
  7. Bubarkan pengadilan buruh dan revisi total Undang-Undang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial tahun ini juga.
  8. Angkat para pekerja outsourcing, terutama di BUMN, karena BUMN kini menjadi raja oustourcing. Serta pecahkan permasalahan guru honor yang tidak mempunyai hubungan jelas dengan upah hanya sekitar Rp100 ribu-300 ribu.
  9. Penjarakan Presiden Direktur PT. Mandom Indonesia Tbk karena telah lalai sehingga menyebabkan meninggalnya 27 orang dan 31 lainnya terancam PHK. Selain itu, kriminalisasi terhadap aktivis buruh juga kerap terjadi di mana banyak aktivis dipenjarakan. Di satu sisi ketika perusahaan salah, Kepolisian lambat sekali menindak. Juga copot Menteri Ketenagakerjaan karena tidak berbuat apapun dalam kasus yang melibatkan buruh.
  10. Hapuskan perbudakan modern dengan mengesakan Rancangan UU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

Presiden KSPI Said Iqbal mengancam bakal melakukan aksi mogok nasional di seluruh Indonesia apabila kesepuluh tuntutan diatas yang telah disebutkan diabaikan oleh Pemerintah.

Informasi lainnya di tanah air Indonesia yaitu turnamen sepak bola yang diberi nama Piala Presiden telah berlangsung, untuk menyimak lebih lanjut dapat mengetahui jadwal piala presiden 2015 lengkap dengan jam tayang siaran langsung ditelevisi. Untuk dapat mengetahui update hasil klasemen piala presiden 2015 silahkan terus simak melalui weblog catatan.web.id ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Demo Buruh 1 September 2015 Hari Ini di Jakarta"

Posting Komentar