Kotak Hitam (Black Box) Air Asia QZ8501 Di Temukan

Kotak hitam Air Asia QZ8501 telah ditemukan dan berhasil mengangkat bagian dari kotak hitam (Black Box) yang disebut flight data recorder kepermukaan yang sekarang sudah diamankan, hal ini dikatakan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Bambang Soelistyo, Senin (12 Januari 2015).

Kotak Hitam (Black Box) Air Asia QZ8501 Di Temukan

Black Box terdeteksi sekitar 1,7 mil laut dari lokasi ekor pesawat yang sebelumnya telah ditemukan, padahal sebelumnya diperkirakan Kotak Hitam berada diekor pesawat namun ternyata tidak ditemukan, diduga black box yang seharusnya ada di ekor pesawat sudah keluar dan terseret arus.

Kronologi penemuan Kotak Hitam (Black Box) Air Asia QZ8501 diawali deteksi pinger detector milik Kapal Navigasi Jadayat, Jumat (9 Januari 2014) lalu. Tim penyelam gabungan TNI AL akhirnya berhasil menemukan dan mengangkat flight data recorder (FDR) dari black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pada Senin (12/1/2014) pagi hari.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) langsung menjemput Kotak Hitam (Black Box) yang berisi data rekaman pembicaraan (Flight Data Recorder/FDR) pesawat AirAsia QZ8501. Barang berharga bagian dari Kotak Hitam itu, telah tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada Senin (12/1/2015) sore hari dihari yang sama saat berhasil diangkat.

Kotak Hitam (Black Box) Air Asia QZ8501 itu langsung dimasukkan ke dalam mobil KNKT yang telah menunggu di pangkalan. Selanjutnya, mobil tersebut langsung menuju kantor KNKT di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dengan kawalan Polisi Militer.

Pencarian dilanjutkan untuk mencari cockpit voice recorder dan juga bagian pesawat yang lain serta para korban air asia yang masih belum semua ditemukan. Seperti telah diinformasikan sebelumnya bahwa pesawat AirAsia QZ8501 dengan rute Surabaya-Singapura dinyatakan air asia hilang karena jatuh pada tanggal 28 Desember 2014 di pagi hari.

Direktur Operasional Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Pertama (Marsma) SB Supriyadi mengatakan, pencarian korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 tetap dilakukan. Setelah Kotak Hitam (Black Box) Air Asia QZ8501 ditemukan akan dilanjutkan pencarian di lima sektor yang telah ditetapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kotak Hitam (Black Box) Air Asia QZ8501 Di Temukan"

Poskan Komentar