Pengertian Zakat Fitrah Hikmah Hukum Zakat Fithri

Pengertian Zakat Fitrah adalah harta yang dikeluarkan berkaitan dengan waktu sudah tidak berpuasa lagi dari bulan Ramadhan. Untuk lebih memahami maksud definisi Zakat Fitrah akan diberikan pengertian secara bahasa dan istilah serta asal usul kata zakat fitrah tersebut.

Zakat fitrah terdiri dari 2 kata yaitu Zakat dan Fitrah. pengertian zakat secara bahasa berarti an namaa’ (tumbuh), az ziyadah (bertambah), ash sholah (perbaikan), menjernihkan sesuatu dan sesuatu yang dikeluarkan dari pemilik untuk menyucikan dirinya. Kata fitrah sebenarnya kata aslinya adalah Fithri, untuk Fithri sendiri berasal dari kata ifthor artinya berbuka (tidak berpuasa). Zakat fitrah juga disebut dengan zakat fithroh (fitrah/naluri) oleh para ulama fikih.

Pengertian Zakat Fitrah Hikmah Hukum Zakat Fithri

Jadi zakat fitrah/fithri merupakan zakat yang dikeluarkan pada saat sudah tidak berpuasa lagi (dibulan Ramadhan) dengan berbagai hikmah yang bisa didapatkan.

Manfaat atau Hikmah Zakat Fitrah/Fithri
  1. Membersihkan kesalahan menjalankan puasa Ramadhan karena berkata kotor atau perkataan sia-sia
  2. Berkasih sayang dengan orang miskin agar mereka tidak meminta-minta di hari idul fitri
  3. Memberikan kebahagian kepada fakir miskin agar bergembira di hari raya idul Fitri dengan kecukupan.


Hukum zakat fitrah adalah wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada hari tidak berpuasa lagi di bulan suci Ramadhan, kewajiban zakat fitrah ini merupakan hasil ijma' (kesepakatan) para ulama sesuai dengan dalil hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan untuk dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat ‘ied.

Zakat Fitrah merupakan kewajiban untuk setiap muslim dalam menunaikannya dengan catatan dia mampu mengeluarkan zakat fitrah tersebut, dalam hal ini syaratnya memiliki kemampuan untuk membayar zakat sesuai dengan kadarnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Zakat Fitrah Hikmah Hukum Zakat Fithri"

Posting Komentar