Cara Tepat Mengolah Sampah Plastik

Saat ini AQUA sedang mengadakan kampanye #BijakBerplastik. Tentu saja hal ini digalakkan karena permasalahan sampah hingga hari ini masih menjadi isu yang penting untuk dibicarakan. Bagaimana tidak ? setiap hari volume sampah ini terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan, khususnya di kota – kota besar. Kesadaran manusia akan pentingnya kesehatan lingkungan tidak sebanding dengan peningkatan volume sampah yang kian hari kian bertambah. Dari sekian banyak jenis sampah yang ada, sampah berjenis plastik adalah salah satunya. Bijak mengolah sampah plastik merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan agar permasalahan sampah plastik tersebut bisa sedikit dikurangi.

AQUA Bijak mengolah sampah plastik

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk program bijak mengolah sampah plastik tersebut. Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  1. Bersihkan plastik dari kontaminasi seperti kertas, ataupun tipe plastik yang lain (biasanya berasal dari label plastik atau sisa isi yang masih melekat).
  2. Untuk membersihkan bisa menggunakan cutter maupun dicuci sampai benar-benar bersih dari gudang awal.
  3. Pipihkan plastik (bila berongga seperti botol) dengan cara menginjaknya atau menggunakan mesin pres.
  4. Masukkan ke dalam mesin penghancur atau pencacah plastik.
  5. Pilah kembali serpihan plastik untuk membedakan tiap tipe plastik. Media yang digunakan adalah air atau minyak goreng. Berikut identifikasi yang dapat dilakukan untuk membantu membedakan antara tipe plastik.
  6. Plastik yang telah dibedakan tipenya (tenggelam dan mengapung), dipisahkan untuk diproses sesuai dengan tipenya. Serpihan akan dimasukkan ke dalam mesin peleleh (melting).
  7. Setelah diproses pada mesin melting, hasil yang keluar berupa strand yang kemudian dipotong dengan menggunakan mesin pellet dan dihasilkan bijih plastik.

Demikian beberapa hal berkaitan dengan cara mengolah sampah plastik yang harus anda ketahui. Jika anda ingin lebih mengetahui tentang berbagai hal yang berkaitan dengan cara mengelola sampah tersebut, anda bisa mengunjungi website sehataqua.co.id. Ya, Aqua merupakan salah satu perusahaan yang sangat peduli terhadap kondisi permasalahan lingkungan khususnya masalah sampah. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Mengolah Sampah Plastik"

Posting Komentar