2 Hal yang Perlu Anda Cermati Sebelum Melakukan Operasi Caesar

Setiap ibu yang tengah mengandung tentu akan mempertimbangkan operasi caesar dalam proses persalinan. Operasi caesar bertujuan untuk membantu para ibu dalam proses persalinan agar bisa berjalan lancar. Tapi, setelah operasi caesar, setiap ibu perlu menghadapi luka bekas operasi caesar di area sekitar perutnya. Tapi, tahukah Anda kalau ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu diperhatikan? Inilah dia beberapa diantaranya.

Operasi Caesar

Gaya hidup setelah operasi

Saat kehamilan, seorang ibu dituntut untuk memiliki pola hidup yang sehat mulai dari aktivitas sampai makanan yang dikonsumsinya. Ini bertujuan agar sang ibu dan janin yang ada di dalam rahim tetap terjaga kesehatannya. Namun, meskipun Anda telah berhasil menjalani proses persalinan dengan lancar, namun bukan berarti Anda bisa kembali ke kehidupan dengan pola hidup yang buruk.

Menjaga pola hidup yang sehat pasca operasi caesar sama pentingnya saat Anda tengah mengandung. Sebab, pola hidup yang sehat sangat menentukan proses penyembuhan luka bekas operasi apakah akan berjalan normal atau tidak. Usahakan untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan mencukupi cairan tubuh sepanjang hari. Perhatikan juga durasi istirahat setiap hari agar tubuh bisa pulih dengan cepat pasca melakukan proses persalinan. Konsumsi juga makanan yang bergizi agar ASI yang Anda berikan kepada anak Anda bisa berkualitas dan kaya akan nutrisi.

Pendarahan pada bekas luka

Apabila setelah proses operasi pendarahan terjadi di area sekitar vagina, maka hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pada proses tersebut sedang terjadi proses penyembuhan di area rahim Anda. Ini disebabkan karena saat plasenta terpisah maka akan tertinggal pembuluh darah yang terbuka dan mengalir ke dalam rahim. Rahim akan kembali menyusut usai proses operasi dan sisa-sisa darah akan keluar melalui vagina.

Akan tetapi, apabila pendarahan terjadi di area bekas luka operasi, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab, ketika terjadi gesekan, bekas luka bisa menjadi iritasi dan bahkan berujung pada luka yang kembali berdarah. Ketika bekas luka kembali berdarah, maka proses pengeringan akan berjalan lambat dan tertunda sekitar 4-6 minggu. Pastikan bekas area operasi tetap kering dan hindari gesekan untuk meminimalisir terjadinya pendarahan lanjutan pada area sekitar bekas operasi.

Penggunaan obat luka operasi caesar bisa menjadi jalan terbaik untuk membantu membuat ibu yang baru melakukan persalinan merasa lebih nyaman. Sebab, dengan menggunakan obat tersebut luka bekas operasi bisa lebih cepat pulih. Kunjungi juga laman berikut https://www.guesehat.com/gejala-rhinitis-dan-cara-penanganannya untuk mendapatkan berbagai tips dari Guesehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Hal yang Perlu Anda Cermati Sebelum Melakukan Operasi Caesar"

Posting Komentar