Tanda-Tanda Anak Mengalami Masalah Saluran Cerna

Jika Anda melihat sang buah hati rewel, tidak nyaman, atau lemas, maka Anda perlu mewaspadi karena mungkin anak Anda sedang mengalami masalah pada saluran cerna. Untuk itu, diperlukan makanan yang mengandung probiotik untuk kesehatan saluran cerna agar kesehatan buah hati bisa terjaga dengan baik.

Masalah Saluran Cerna pada Anak

Tanda-Tanda Masalah Saluran Cerna pada Anak

Sistem pencernaan pada usia bayi atau anak-anak belumlah optimal, seperti pencernaan orang dewasa. Tidak heran jika berbagai masalah saluran cerna seringkali dialami. Itulah mengapa penting untuk mengetahui apa saja tanda-tandanya.

1. Muntah

Tanda yang paling umum terjadi ketika saluran cerna bermasalah adalah muntah. Biasanya, anak akan muntah secara tiba-tiba dan diringi dengan diare atau demam. Nafsu makan anak pun akan berkurang. Apabila Anda menjadi jarang mengganti popok anak, bisa jadi ia mengalami dehidrasi. Meski demikian, Anda harus bisa membedakannya dengan gumoh.

2. Refluks

Apabila anak mengalami muntah setelah diberikan susu atau setelah makan, bisa jadi anak mengalami gejala refluks. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan anak belum sempurna sehingga sam lambung naik hingga membuat makanan di dalamnya terdorong keluar ke tenggorokan. Akibatnya akan muncul rasa sakit pada perut dan panas pada tenggorokan.

3. Kolik

Kontraksi pada usus seringkali menyebabkan perut terasa sakit. Gejala ini biasanya dialami oleh bayi dengan tanda bayi yang sering menangis kencang selama 3 jam. Selain itu, biasanya bayi akan menarik kaki ke atas. Anda perlu waspada jika mendapati gejala ini pada sang buah hati. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia juga perlu diperhatikan.

4. Perut kembung

Udara yang masuk ke dalam perut dan terjebak di dalamnya saat mencerna makanan bisa menyebabkan perut kembung. Apabila anak mengalami kegelisahan, tidak nyaman dan perut tampak penuh, maka Anda perlu mewaspadainya.

5. Diare

Infeksi virus biasanya menjadi penyebab anak mengalami diare. Virus ini biasanya terkontaminasi dalam makanan atau minum yang dikonsumsinya. Jadi, Anda harus memastikan kebersihan dari bahan makanan dan alat makan yang digunakan.

Masalah pencernaan anak harus segera di atasi agar tidak mengganggu kesehatan secara menyeluruh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk kesehatan saluran cerna bisa menjadi pilihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda-Tanda Anak Mengalami Masalah Saluran Cerna"

Posting Komentar