Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Buka Puasa Arab & Artinya

Niat Puasa Ramadhan sebagai amalan utama yang sangat penting dalam mengawali dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim beriman dan bertakwa, sesuai tuntunan yang benar sebelum menjalankan puasa maka terlebih dahulu mengawali dengan doa niat puasa Ramadhan dan pada saat berbuka juga sebaiknya melakukan doa buka puasa sebelum menyantap berbagai makanan dan minuman.

Penetapan 1 Ramadhan 1437 Hijriah sebagai mulai awal puasa 2016 jatuh pada hari senin tanggal 6 Juni 2016 sudah secara resmi telah ditetapkan oleh Pemerintahan Indonesia melalui kementerian Agama bersama perwakilan beberapa ormas di Indonesia termasuk Muhammadiyah dan NU beserta para ulama lainnya juga beberapa ahlinya melalui sidang isbat 2016 yang telah berlangsung pada sore hari tanggal 5 Juni 2016. Mempersiapkan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan tentunya dengan mencari ilmu yang mencukupi dan memantapkan niat puasa Ramadhan dengan baik dan benar.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya setiap amalan itu (syah atau tidaknya) tergantung dengan niatnya dan setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan.”

Berdasarkan dari catatan hadits tersebut diatas mengenai niat maka penting sekali melakukan niat puasa terlebih dahulu sebelum berpuasa agar mendapatkan sesuai yang diinginkan yaitu niat puasa Ramadhan mencari Ridho Allah Subhanallahu Wa Ta'ala.

Niat Puasa Ramadhan ulama berpendapat bahwa cukup di dalam hati saja, hal ini karena didasari salah satunya dari Imam An-Nawawi yang mengatakan bahwa niat dalam seluruh ibadah yang dinilai adalah hati dan tidak sah puasa kecuali dengan niat, dan tempatnya niat adalah hati. Jadi menurut beliau yang diterjemahkan oleh para ulama mengatakan bahwa keinginan seseorang untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan penuh kesadaran adalah niat puasa Ramadhan yang sah dan benar tanpa perlu di ucapkan secara lisan.

Lalu ada juga pendapat bahwa untuk melafalkan bacaan doa niat puasa Ramadhan dengan tujuan untuk memperkokoh niat hati agar lebih baik, jadi kondisinya hati harus dalam kondisi punya keinginan dan kesadaran untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan lisan juga mengucapkan untuk niat tersebut.

Saya sebagai penulis mencoba mencari dan menelusuri dalil untuk bacaan niat puasa Ramadhan yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad Sholallahu Alahi Wassalam namun tidak menemukan, akan tetapi di Indonesia kita telah sering diajarkan dari sekolah dan tersebar secara umum dari berbagai guru dan ulama kita dengan bacaan doa niat Puasa Ramadhan dan doa buka puasa Ramadhan seperti dibawah ini yang untuk lafaz dalam tulisan Arab dan Artinya.

Bacaan Doa Niat Puasa & Buka Puasa Ramadhan
Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Buka Puasa Arab dan Artinya

Waktu untuk melakukan niat puasa Ramadhan adalah sebelum terbitnya fajar (adzan subuh) dan untuk doa buka puasa waktunya setelah adzan magrib sebelum makan atau minum. Untuk doa niat puasa Ramadhan sebaiknya cukup dalam hati saja karena niat letaknya ada di hati, namun sebagian ulama membolehkan untuk diucapkan untuk lebih memantapkan niat hati.

Untuk waktu puasa baik saat imsak atau buka puasa bisa melihat secara langsung melalui jadwal imsakiyah Ramadhan 2016 telah dilengkapi untuk waktu imsak seluruh wilayah di Indonesia. Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya dan maksimal, mari saling mendoakan agar mendapatkan Ampunan, Rahmat dan Ridho Allah Ta'ala.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Buka Puasa Arab & Artinya"

Poskan Komentar