Doa Awal Akhir Tahun Baru Islam 2015 Muharram 1437 Hijriyah

Tahun Baru Islam 2015 yang bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1437 Hijriyah jatuh pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2015. Adakah doa akhir tahun dan doa awal tahun baru Islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallah hu alaihi wassalam ?

Sejarah tahun Hijriyah pada zaman Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menggunakan kalender masyarakat arab yaitu kalender Qamariyah berisi catatan tanggal dan bulan saja namun belum ada angka tahunnya.

Awal tahun baru Islam ditetapkan pada masa khalifah Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu dimana bersama dengan para sahabat di Madinah mereka menentukan penetapan tahun baru untuk masyarakat Islam. Berikut ini merupakan catatan penetapan awal tahun baru Islam pada jaman khalifah Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, disebutkan oleh al-Hakim dalam al-Mustadrak, dari Said bin al-Musayib, beliau menceritakan:

Umar bin Khattab mengumpulkan kaum muhajirin dan anshar radhiyallahu ‘anhum, beliau bertanya: “Mulai kapan kita menulis tahun.” Kemudian Ali bin Abi Thalib mengusulkan: “Kita tetapkan sejak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hijrah, meninggalkan negeri syirik.” Maksud Ali adalah ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hijrah ke Madinah. Kemudian Umar menetapkan tahun peristiwa terjadinya Hijrah itu sebagai tahun pertama Hijriyah. (al-Mustadrak 4287 dan dishahihkan oleh adz-Dzahabi).
Tahun Baru Islam

Maka pada tahun pertama Hijriyah adalah ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hijrah ke Madinah yang ditetapkan pada tahun ketiga masa khalifah Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu. Pada waktu penetapan tahun Hijriyah oleh Umar bin Khattab bersama para sahabat, mereka semua tidak pernah ditemukan riwayat adanya acara untuk memeriahkan awal tahun baru Islam tersebut dan tidak ada juga perlakuan khusus dan istimewa termasuk melakukan doa awal tahun maupun akhir tahun baru Islam.

Doa awal tahun dan doa akhir tahun baru Islam tidak pernah secara khusus dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat, beberapa ulama juga secara tegas menyatakan seperti dibawah ini.

Dr. Bakr Abu Zaid – Pengajar di Masjid Nabawi pada 1390 – 1400 H, dan anggota Majma’ al-Fiqhi al-Islami di bawah Rabithah Alam Islamiyah – (w. 1429 H) mengatakan,

لا يثبت في الشرع شيء من دعاء أو ذكر لآخر العام، وقد أحدث الناس فيه من الدعاء، ورتبوا ما لم يأذن به الشرع، فهو بدعة لا أصل لها.

Tidak terdapat dalil dalam syariat yang menyebutkan tentang doa atau dzikir akhir tahun. Masyarakat membuat-buat kegiatan doa, mereka susun kalimat-kalimat doa, yang sama sekali tidak diizinkan dalam syariat. Doa semacam ini murni bukan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak ada dasarnya. (Tashih ad-Dua, hlm. 108).

Ada doa shahih yang diriwayatkan Ahmad dan Turmudzi dan dishahihkan oleh Syuaib al-Arnauth namun ini merupakan doa awal bulan yang dibaca disetiap tanggal 1 awal bulan Qamariyah sesuai tuntunan agama Islam, Doa awal bulan Qomariyah tersebut adalah sebagai berikut ini :

اَللهُمَّ اَهِّلْهُ عَلَيْنَا بِاْلاَمِنْ وَاْلاِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلاِسْلاَمِ وَالتَّوْفِيْقِ لِمَاتُحِبُّ وَتَرْضَى رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ
ALLOOHUMMA AHHIL HUU 'ALAINAA BIL-AMNI WAL IIMAANI WASSALAAMATI WAL ISLAAMI WATTAUFIIQI LIMAA TUHIBBU WA TARDLOO ROBBUNAA WA ROBBUKALLOOHU
Artinya : Ya Allah, tampakkanlah bulan sabit itu pada kami, dengan keberkahan dan keimanan, beserta keselamatan dan islam, serta berkah terhadap apa yang Engkau cintai dan Engkau ridloi ya Tuhanku ya Allah

Tahun Baru Islam 2015 di Indonesia seperti biasanya banyak sekali acara dan ritual yang kita bisa lihat secara langsung di lingkungan atau beberapa daerah tertentu dengan adat istiadat dalam menyambut tahun baru hirjiyah tersebut. Ini budaya yang memang selalu kita saksikan yang diberbagai media juga ikut meliputnya sehingga menjadikan tuntunan bagi sebagaian masyarakat umum. Semoga kita bisa secara bijak dalam menyikapinya dan dapat melaksanakan segala bentuk ibadah sesuai tuntunan syariat yang telah di ajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca juga : 20 Sifat Wajib Allah dan 20 Sifat Mustahil Allah Lengkap dengan Sifat Jaiz Allah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Awal Akhir Tahun Baru Islam 2015 Muharram 1437 Hijriyah"

Poskan Komentar