Doa Niat Puasa Tarwiyah Sebelum Idul Adha Keutamaan

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilakukan bertepatan pada tanggal 8 Djulhijjah atau 2 sebelum Idul Adha, apakah ada dalil pelaksanaan puasa tarwiyah ? Akan dijelaskan pengertian tarwiyah dilengkapi dengan keutamaan puasa tarwiyah dan juga lengkap dengan doa niat puasa tarwiyah.

Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

Tarwiyah berasal dari catatan kata tarawwa [arab: تَرَوَّى] yang artinya membawa bekal air, hal ini disesuaikan dengan para jamaah haji membawa banyak bekal air zam-zam untuk persiapan arafah dan menuju Mina.

Informasi lainnya yaitu dinamakan hari tarwiyah, karena Nabi Ibrahim ’alaihis salam pada malam 8 Dzulhijjah, beliau bermimpi menyembelih anaknya. Di pagi harinya, beliau yarwi (berbicara) dengan dirinya, apakah ini mimpi kosong ataukah wahyu Allah? Sehingga hari itu dinamakan hari tarwiyah.

Dalil Puasa Tarwiyah

Terdapat hadis yang secara khusus menganjurkan puasa di hari tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah) bertepatan 2 hari sebelum Idul Adha. Hadis itu menyatakan,

مَنْ صَامَ الْعَشْرَ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ صَوْمُ شَهْرٍ ، وَلَهُ بِصَوْمِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ سَنَةٌ ، وَلَهُ بِصَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ سَنَتَانِ

Artinya : ”Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari arafah, seperti puasa dua tahun.”

Hadis ini berasal dari jalur Ali al-Muhairi dari at-Thibbi, dari Abu Sholeh, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, secara marfu’.

Berdasarkan dalil tersebut diatas dapat diketahui keutamaan puasa Tarwiyah yaitu menghapuskan dosa satu tahun.

Bagi yang ingin melaksanakan ibadah Puasa Tarwiyah berikut ini diberikan bacaan doa niat puasa Tarwiyah lengkap dengan artinya.


نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Bahasa Latin: Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta'ala
Terjemahan: "Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala"

Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah sebaiknya dalam hati saja sudah cukup, karena niat letaknya didalam hati karena Allah Ta'ala. Tetapi sebagian ulama membolehkan mengucapkan niat untuk menguatkan niat dalam hati.

Bagi yang ingin berkurban di Hari Raya Idul Adha baca juga harga kambing qurban

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Niat Puasa Tarwiyah Sebelum Idul Adha Keutamaan"

Posting Komentar