Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha Dalil Manfaat Hukum

Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah yang merupakan hari mulia dengan memiliki keutamaan ampunan dosa serta terbebas dari siksa neraka. Pelaksanaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha tepatnya satu hari sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah.

Amalan 10 Hari Pertama bulan Dzulhijjah

Dalil Puasa Arafah

Para ulama sepakat bahwa dalil mengenai puasa Arafah di bawah ini beserta manfaat dan keutamaan puasa Arafah.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
Artinya : “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Hadis yang lain yaitu,

مَنْ صَامَ الْعَشْرَ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ صَوْمُ شَهْرٍ ، وَلَهُ بِصَوْمِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ سَنَةٌ ، وَلَهُ بِصَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ سَنَتَانِ

Artinya : ”Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah (puasa tarwiyah) seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari arafah, seperti puasa dua tahun.”

Hadis ini berasal dari jalur Ali al-Muhairi dari at-Thibbi, dari Abu Sholeh, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, secara marfu’.

Manfaat dan Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang (berdasarkan dalil diatas)

Untuk malasalah apakah dosa kecil atau dosa besar yang diampuni, para ulama berbeda pendapat yaitu ada yang mengatakan dosa kecil saja namun sebagian besar para ulama berpendapat bahwa dosa kecil dan dosa besar insya Allah di ampuni.

Hukum Puasa Arafah

Hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i beserta ulama Syafi’iyah yaitu disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah, dalam hal ini berarti hukumnya sunnah bagi yang tidak berhaji. Sebaliknya orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa.

Adapun Dalil orang yang sedang berhaji tidak disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah adalah sebagai berikut ini :

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Artinya : “Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR. Bukhari no. 1988 dan Muslim no. 1123).


Sesungguhnya niat adalah amal hati, dan bukan amal lisan.

Namun di Indonesia sudah terbiasa dengan melafadzkan niat untuk berbagai bentuk ibadah termasuk Ibadah Puasa Arafah, para ulama di Indonesia berpendapat untuk bacaan doa niat puasa Arafah dilafadzkan untuk memantapkan niat dalam hati.

Bacaan Doa Niat Puasa Arafah
نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Bacaan Niat Puasa Arafah : Nawaitu Sauma ‘Arafata Sunnatan Lillahi Ta’ala
Artinya : “Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.

Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah sebelum Idul Adha tersebut diatas sebagai pembelajaran saja, yang terbaik adalah meletakkan niat dalam hati dengan keinginan kuat untuk melaksanakan ibadah puasa Arafah karena mengharap Ridho Allah Ta'ala.

Catatan : Puasa Arafah 9 Zulhijjah 1436 H tahun ini jatuh pada tanggal 23 September 2015 (Mengikuti Pemerintahn Arab Saudi dan Indonesia), dan untuk pelaksanaan shalat Idul Adlha pada Kamis, 24 September 2015.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha Dalil Manfaat Hukum"

Poskan Komentar