Tanda Lailatul Qadar Turun 2015

Tanda Lailatul Qadar sesuai yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan beberapa hadist sahih bisa menjadi panduan kita untuk mengetahui kapan malam lailatul qadar dan bagaimana mengisi untuk menghidupkan lailatul qadar dengan meningkatkan ibadah baik sholat, dzikir dan berdoa kepada Allah Subhanallahu Wa Ta'ala.

Tanda Lailatul Qadar

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar dinyatakan dalam hadis dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang tanda lailatul qadar yaitu :

ليلة طلقة لا حارة و لا باردة تصبح الشمس يومها حمراء ضعيفة

Artinya : “Dia adalah malam yang indah, sejuk, tidak panas, tidak dingin, di pagi harinya matahari terbit dengan cahaya merah yang tidak terang.” (HR. Ibnu Khuzaimah; dinilai sahih oleh al-Albani).

Penjelasan lain lebih lengkap dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, lihat Jaami’ul Ahadits 18: 361. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahihul Jaami’ no. 5475.)

Tanda-tanda lailatul qadar memang tidak semua muslim dapat mengetahuinya secara pasti kapan malam kemuliaan itu, namun sebagai catatan penting yang perlu dilakukan adalah mengisinya dengan meningkatkan ibadah mengharap Ridho Allah Ta'ala.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من قام ليلة القدر إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“Siapa yang beribadah pada saat lailatul qadar, karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lewat akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Nasai)

Dalam riwayat yang lain dinyatakan:

من قامها ابتغاءها ثم وقعت له غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر

“Siapa yang ibadah di malam hari dalam rangka mencari lailatul qadar, kemudian dia mendapatkannya, maka diampuni dosanya yang telah lewat dan yang akan datang.”

Tanda-tanda Lailatul Qadar tersebut diatas merupakan sesuai petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dilengkapi keutamaan lailatul qadar dan keuntungan bagi mereka yang menghidupkan malam kemuliaan  dengan ibadah karena iman dan mengharap pahala maka diampuni dosanya yang telah lewat.

Kapan Lailatul Qadar itu terjadi atau turun di tahun 2015 ? berdasarkan panduan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam agar mencari lailatul qadar di sepuluh malam terakhir. Sebagaimana dinyatakan dalam hadis dari Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu menghidupkan sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. 

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ القَدْرِ فِي الوِتْرِ، مِنَ العَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Carilah malam qadar di malam ganjil pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)


اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah aku.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Lailatul Qadar Turun 2015 "

Poskan Komentar