Planet Kepler 452b Mirip Seperti Bumi ditemukan Nasa

Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada tanggal 23 Juli 2015 mengumumkan temuan baru dari Kepler Space Telescope yang merupakan misi untuk mencari planet lain yaitu planet Kepler 452b memiliki kemiripan dengan planet Bumi yang kita tinggali.

Exoplanet yang mengorbit bintang lain pertama kali ditemukan pada tahun 1995. Exoplanet, terutama planet yang mirip seperti Bumi walaupun berukuran kecil masih menjadi Science Fiction 21 tahun yang lalu. Tapi sekarang para astronomer sudah menemukan apa yg dari dulu manusia impikan, yaitu planet Bumi yang lain.

Kepler 452B adalah planet terkecil yang mengorbit pada bintang lain di zona yang bisa ditinggali makhluk hidup, bahkan Kepler 452 B dideskripsikan sebagai sepupu Bumi yang lebih tua dan lebih besar.
Planet Kepler 452b

Planet Kepler 452B kesamaan terhadap bumi banyak sekali seperti orbitnya saat mengelilingi bintang yg hampir sama jaraknya dengan orbit bumi, bahkan bintang yg diorbit planet Kepler 452B ini disebut mirip dengan Matahari. Hal ini membuat planet Kepler 452B mampu untuk menopang kehidupan. NASA juga berkata jika tanaman dipindahkan ke planet tersebut maka tanaman itu kemungkinan besar bisa hidup.

Planet Kepler 452B berukuran 60% lebih besar daripada Bumi dan berlokasi sejauh 1.400 tahun cahaya di konstelasi Cygnus. Walaupun ukurannya lebih besar, planet Kepler 452B sesuai catatan mengorbit bintangnya selama 385 hari atau hanya 5% lebih lama daripada Bumi. Jarak antara planet Kepler 452B ke bintang yg diorbitnya pun hanya lebih jauh 5 % dari jarak planet Bumi ke Matahari.

Hal ini membuat planet Kepler 452B berada dalam zona yang bisa ditinggali makhluk hidup - atau disebut Goldilocks zone - yaitu area dimana air dapat menggenang di permukaan planet.

"Ini sangat menarik, karena Kepler 452B menerima jenis spektrum dan intensitas cahaya yang sama seperti yang kita dapat di Bumi. Ini artinya tanaman di planet Bumi dapat tumbuh jika Kepler 452B memiliki permukaan tanah berbatu dan memiliki atmosfir" kata Dr. Daniel Brown, ahli astronomi dari Nottingham Trent University.

"Matahari"-nya Kepler 452B yaitu Kepler 452 berumur 6 milyar tahun, 1,5 tahun lebih tua daripada "Matahari"-nya Bumi, mempunyai suhu yang sama, 20% lebih cerah dan memiliki diameter 10% lebih panjang.

Walaupun massa dan komposisinya belum diketahui, riset sebelumnya menunjukkan bahwa planet berukuran seperti Kepler 452B memiliki kemungkinan besar mempunyai permukaan yg berbatu.

"Kami dapat berasumsi bahwa Kepler 452B adalah sepupu Bumi yg lebih besar dan lebih tua. Menakjubkan jika kita mempertimbangkan bahwa planet ini telah menghabiskan waktu selama 6 miliar tahun di zona yg dapat dihuni makhluk hidup lebih lama dari Bumi. Planet ini mempunyai kesempatan besar untuk adanya kehidupan, karena semua bahan dan kondisi yg diperlukan bagi kehidupan ada di planet ini" kata Jon Jenkins, pemimpin analisis data Kepler dari Nasa's Ames Research Center.

Pada hari Kamis 23 Juli 2015, NASA kembali mengumumkan bahwa mereka telah menemukan 500 planet baru untuk ditambahkan ke 4.175 planet lain yang telah ditemukan sebelumnya oleh teleskop, dan 12 planet disebut-sebut menyerupai bumi. Namun, Kepler 452b adalah planet pertama dari 12 planet yang ditemukan Nasa dimana Planet Kepler 452b paling mirip seperti Bumi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Planet Kepler 452b Mirip Seperti Bumi ditemukan Nasa"

Poskan Komentar