Pengertian dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Pengertian Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan keberkahan dengan bertambahnya kebaikan untuk segala urusan yang penuh dengan hikmah. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta'ala dalam surah Ad Dukhan ayat 3-4, yaitu :

Allah Ta’ala berfirman,
رَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ فْذِرِينَ , فِيهَا يُ كَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْ لٍَ مُبَارَ فِ لَيْ إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ
“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan: 3-4).

Malam yang diberkahi dalam ayat di atas adalah malam lailatul qadar sebagaimana ditafsirkan pada surat Al Qadar di mana Allah Ta’ala berfirman,
قَدْرِ يْلَِ الْ نَاهُ فِ لَ إِنَّا أَنْزَلْ
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar: 1)

Keberkahan dan kemuliaan yang dimaksud disebutkan dalam ayat selanjutnya,
ليَلَْا لُقْدَرْ خيَْ مٌنِ ألفَِْ شهَرْ , تنَزَلَّاُ لمْ لََئكِةَ واَلروُّح فيهِاَ بإذِِنْ ربَِّمِ منِ كلُ أمَرْ , س لََمٌ
هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar: 3-5).

Keutamaan Malam Lailatul Qadar berdasarkan keterangan firman Allah Ta'ala diatas sebenarnya sudah dapat kita ketahui, salah satunya yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan yang penuh dengan keberkahan dan kesejahteraan.

Pengertian dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ قَامَ لَيْلََ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Catatan leutamaan dan keistimewaan menghidupkan malam lailatul qadar dengan shalat akan mendapatkan pengampunan dosa yang telah lalu, ini merupakan malam yang paling ditunggu oleh setiap muslim untuk mendapatkan pengampunan, keberkahan, kesejahteraan dan Ridho Allah Subhanallahu Wa Ta'ala, semoga kita semua bisa mendapatkan malam lailatul qadar... Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar"

Poskan Komentar