Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk Sendiri & Keluarga

Niat Zakat Fitrah menjadi rukun sebelum menunaikannya, niat dalam menjalankan ibadah merupakan bagian dari rukun agar ibadah dapat diterima Allah Subhanallahu Wa Ta'ala. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa semua amal tergantung dari niatnya (HR Bukhari dan Muslim). Begitu juga dengan zakat fitrah maka agar ibadah tersebut diterima Allah Ta'ala maka perlunya niat zakat fitrah secara iklhas mengharap Ridho Allah semata sebelum melaksanakannya.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إنما الأعمال بالنيات وإنما لكل امرىء ما نوى
‘Sesungguhnya, amal itu tergantung pada niat, dan sesungguhnya (pahala) yang diperoleh seseorang sesuai niatnya.’ (H.r. Bukhari dan Muslim)

Niat merupakan amalan yang adanya dihati setiap muslim hamba Allah Azza wa Jalla, sehingga dalam melakukan niat zakat fitrah cukuplah dilakukan dalam hati saja. Hal ini sesuai dengan tuntunan Rosulullah dan para sahabat terdahulu dalam melaksanakan setiap ibadah termasuk menunaikan zakat fitrah.
Zakat Fitrah

Untuk pengertian zakat fitrah yaitu harta yang dikeluarkan pada saat sudah tidak berpuasa lagi (dibulan Ramadhan) dengan berbagai hikmah yang bisa didapatkan. Dalam melakukan zakat maka perlu diawali dengan niat, lalu bagaimana cara berniat dalam menunaikan zakat fitrah ini ?

Para ulama sepakat bahwa "berniat" selama sudah ada keinginan dalam hati seseorang untuk melakukan/menunaikan zakat fitrah maka dia sudah dianggap berniat melakukan zakat fitrah dan sah diterima amal ibadahnya insya Allah.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah

Masyarakat Indonesia pada umumnya dalam menjalankan ibadah biasanya mengawali dengan niat yang dibaca dengan keras dan hal ini sudah menjadi hal umum. Begitu juga pada saat hendak berzakat terutama saat ingin menunaikan zakat fitrah biasanya akan disodorkan selembar kertas untuk dibaca sebagai doa niat zakat fitrah oleh panitia agar sah. Berikut ini beberapa lafadz doa zakat fitrah yang biasa dibaca sebagai niat oleh masyarakat mayoritas muslim di Indonesia, yaitu :

Lafadz niat zakat fitrah yang dikeluarkan untuk diri sendiri
نَوَيْتُ عَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِيْ فَرْضَ للهِ تَعَالَى
NAWAITU AN-UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘ANNAFSII FARDHAN LILLAHI TA’AALAA
Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku fardhu karena Allah Yang Maha Tinggi.

Lafadz niat zakat fitrah yang dikeluarkan untuk orang lain (keluarga)
نَوَيْتُ عَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ …… فَرْضَ للهِ تَعَالَى
NAWAITU AN-UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN (……) FARDHAN LILLAHI TA’AALAA
Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk …….(sebut nama orangnya) fardhu karena Allah.

Diatas merupakan bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan juga untuk menunaikan zakat fitrah untuk orang lain baik saudara dan keluarga masing-masing.

Tata cara niat melakukan zakat fitrah manakah yang harus kita pilih ? apakah cukup berniat dalam hati tanpa perlu diucapkan atau dengan melafadzkan doa niat zakat fitrah ?

Secara pribadi saya dahulu suka melafadzkan, tetapi seiring pengetahuan bertambah maka pada saat sekarang ini cukup meniatkan dalam hati saja untuk zakat fitrah mengharap Ridho Allah Ta'ala semata. Sebagai catatan hal ini saya lakukan karena kehati-hatian saya dalam setiap menjalankan ibadah sesuai perintah perintah Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Semoga dengan zakat fitrah dapat menebarkan rasa cita dan perhatian kepada setiap muslim terutama yang miskin serta dapat lebih mempererat silaturahim diantara sesama muslim terutama keluarga dan kerabat dengan mendapatkan Ridha Allah Subhanallahu Wa Ta'ala.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk Sendiri & Keluarga"

Poskan Komentar