Pengertian Hak Angket DPR Adalah Hak Penyelidikan

Pengertian hak angket adalah hak untuk melakukan penyelidikan, untuk hak angket Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) maka dalam hal ini merupakan sebuah hak yang dimiliki oleh DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap kegiatan pemerintah.

Pengertian Hak Angket DPR Adalah Hak Penyelidikan Terhadap Pemerintahan

Pada saat ini sedang ramai mengenai hak angket DPR terhadap Ahok Gubernur Jakarta Indonesia, dimana Ahok menggantikan posisi Jokowi yang saat ini menjadi Presiden RI dengan dibantu kabinet kerja untuk Indonesia lebih maju.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 1954 tentang Penetapan Hak Angket Dewan Perwakilan Rakyat

Pasal 1 (2)
Putusan untuk mengadakan angket diambil dalam suatu rapat terbuka Dewan Perwakilan Rakyat, yang diadakan sesudah usul itu dibicarakan dalam seksi atau seksi-seksi yang bersangkutan, dan putusan itu memuat perumusan yang teliti tentang hal yang akan diselidiki.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2003 tentang Susunan Dan Kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Catatan Pasal 27
DPR mempunyai hak:
a. interpelasi;
b. angket; dan
c. menyatakan pendapat.

Menurut UU No. 22 Tahun 2003 Pasal 27 UU hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Dengan kata lain hak angket merupakan salah satu hak kontrol DPR terhadap kebijakan ekseutif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hak Angket DPR Adalah Hak Penyelidikan"

Poskan Komentar