Cara Menulis Artikel Berkualitas Yang Baik dan Benar

Artikel merupakan sebuah karangan yang tidak terlalu panjang dengan kisaran kata antara 200 sampai 1000 kata atau lebih dengan suatu tema tertentu untuk menyampaikan pikiran baik berupa fakta atau konsep tertentu untuk disajikan kepada khalayak umum. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas yang baik dan benar ?

Menulis artikel memang diperlukan kreatifitas dan kritis terhadap sesuatu yang dijadikan tema dalam tulisan, sebaiknya dalam menulis harus melewati tiga langkah dasar dalam membuat sebuah artikel yang berkualitas, diantaranya adalah

  1. Merencanakan, mengumpulkan segala ide menulis dengan spontanitas atau brainstorming lalu mengorganisasi segala ide tersebut
  2. Menyusun, menulis salinan kasar atau disebut draft dari segala ide yang sudah diorganisasi
  3. Mengontrol, mengendalikan kualitas draft dengan cara mengedit, merevisi serta mengkoreksinya dari berbagai kesalahan (proofreading)

Pada saat merencanakan diperlukan pikiran kreatif dalam mengumpulkan segala bentuk ide untuk dijadikan tulisan yang nantinya bisa menjadi artikel berkualitas yang bisa bermanfaat dan dimanfaatkan untuk umum.

Cara Menulis Artikel Berkualitas Yang Baik dan Benar

Ada ide cara menulis artikel berkualitas yang baik dan benar yang bisa dijadikan konsep untuk menulis berbagai artikel dengan tema yang sudah ditentukan, yaitu miliki rumus :

5 W + 1 H (What, When, Why, Who, Where + How)
  1. Apa itu artikel ?
  2. Kapan waktu untuk membuat artikel ?
  3. Mengapa perlu menulis artikel ?
  4. Siapa penulis artikel ?
  5. Dimana dapat menemukan artikel berkualitas ?
  6. Bagamana cara membuat artikel yang berkualitas yang baik dan benar ?

Sebagai catatan penting dalam menulis sebaiknya diusahakan untuk memiliki unsur 5W dan 1H setiap pembuatan artikel, karena dengan adanya unsur tersebut sebuah artikel akan menjadi sajian tulisan yang lengkap untuk dijadikan informasi yang berkulitas.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menulis Artikel Berkualitas Yang Baik dan Benar"

  1. Memang benar dengan ketiga hal diatas kita bisa membuat artikel berkualitas dengan mudah..

    BalasHapus